Jumat, 08 Maret 2013

Soal Pendapatan Nasional

  1. Bagaimanakah pendapatan perkapita Indonesia ? Coba cari data di internet dan beri penjelasan tentang pendapatmu!
  2. Untuk apa ya pendapatan nasional harus dihitung ?
  3. rilah perbandingan perndapatan perkapita negara-negara di ASEAN (Jangan lupa cantumkan sumbernya), lalu berikan analisanya !
  4. Jelaskan hubungan pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan per kapita.


jawaban 
1. Untuk mengetahui perkembangan ekonomi di suatu negara, apakah negara itu sedang dalam krisis atau tidak jadi dapet dilihat dari perhitungan pendapatan nasional 

2. ditahun 2011 Pendapatan Perkapita Indonesia mencapai US$ 4,380. Udah bagus sih berada di urutan ke-5, tapi nanti pasti ada saatnya dimana Indonesia bisa membuat beberapa kali lipat Pendapatan perkapitanya dibanding yang sekarang.

3.

Di ASEAN Rupiah Merupakan Salah Satu Mata Uang Terendah Jika Ditukar Ke Dollar AS


Di ASEAN Rupiah Merupakan Salah Satu Mata Uang Terendah Jika Ditukar Ke Dollar ASPemerintah menyatakan saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sangat rendah. Bahkan di ASEAN, rupiah merupakan salah satu mata uang terendah jika ditukarkan ke dolar AS.
“Dari sisi nilai tukar, maka nilai tukar dolar AS terhadap rupiah tidak mencerminkan kondisi fundamental ekonomi kita yang baik. Nilai tukar rupiah kita terlalu rendah dibandingkan negara-negara lain yang ukuran PDB-nya jauh lebih kecil dari Indonesia,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam acara ‘Kick Off Konsultasi Publik Perubahan Harga Rupiah’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).
Agus Marto menyebutkan, dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi di ASEAN, Indonesia memiliki nilai PDB US$ 845,6 miliar, Thailand US$ 345,65 miliar, Malaysia US$ 278,68 miliar, Singapura US$ 259,85 miliar, dan Filipina US$ 213,12 miliar.
Sayangnya, berdasarkan data nilai tukar per 21 Januari 2013 sebagai berikut:
Rupiah: US$ 1 = Rp 9.788
Ringgit (Malaysia): US$ 1 = 3,05 ringgit
Peso (Filipina): US$ 1 = 41,92 peso
Dolar (Singapura): US$ 1 = 1,23 dolar Singapura
Baht (Thailand): US$ 1 = 30,52 baht
Berdasarkan data Kemenkeu, dengan nilai tukar tersebut, Indonesia menduduki peringkat kedua dari seluruh negara di ASEAN, setelah mata uang dong (Vietnam) yang nilainya US$ 1 = 20.843 dong.
Setelah Indonesia, ada negara Laos dengan nilai tukar 8.030 Kip per dolar AS, Kamboja 3.995 Riel per dolar AS, Myanmar 861,68 Kyat per dolar AS, Filipina 41,92 Peso per dolar AS, Thailand 30,52 Baht per dolar AS, Malaysia 3,05 Ringgit per dolar AS, Brunei 1,23 Dolar Brunei per dolar AS, Singapura 1,23 Dolar Singapura per dolar AS.
Karena itu pemerintah dan Bank Indonesia (BI) saat ini tengah berencana untuk melakukan redenominasi atau penyederhanaan nilai rupiah, tanpa menghilangkan atau mengurangi nilainya.
RUU Redenominasi telah masuk dalam Prolegnas dan bakal dibahas DPR tahun ini. Jika disetujui, mulai 2014 bakal dimunculkan mata uang baru hasil redenominasi, sehingga ada 2 mata uang yang beredar di masyarakat. Setelah itu secara perlahan hingga 2017 redenominasi dilakukan dan mata uang rupiah lama akan hilang di masyarakat.
Berita Terkait:
4. .       Hubungan pendpatan nasional, jumlah penduduk dan pendapatan perkapita :
·         Jika pendapatan nasional sebuah negara rendah, tetapi jumlah penduduknya juga tinggi, maka pendapatan perkapitanya akan rendah.
·         Jika pendapatan nasional sebuah negara tinggi, tetapi jumlah penduduknya sedikit, maka pendapatan perkapitannya akan tinggi.
·         Jika pendapatan nasional sebuah negara tinggi tetapi jumlah penduduknya juga tinggi, maka pendapatan nasionalnya mungkin rendah
·         Jika pendpatan nasional sebuah negara rendah, tetapi jumlah penduduk juga rendah, maka pendapatan perkapitanya mungkin tinggi.
Jadi dari pernyataan diatas, tinggi rendahnya pendapatan perkapita sebuah negara dipengaruhi oleh jumlah pendapatan nasional dan jumlah penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar